Categories

Labels

>> Senin, 31 Oktober 2011

Unik,Kerajinan Berbahan Tulang Ikan

KERAJINAN TULANG IKAN: Beberapa hasil kerajinan yang dibuat dari tulan ikan bandeng. (SM CyberNews/ Bambang Unjianto)

(Yogyakarta, CyberNews).

Sebagian besar wilayah Indonesia terdiri atas lautan yang memiliki hasil perairan yang melimpah di antaranya ikan bandeng. Ikan bandeng banyak dibudidayakan di Indonesia karena mudah perkembangbiakannya. Adapun salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi sentra penghasil bandeng besar adalah provinsi Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Pati.
Selama ini, pemanfaatan ikan bandeng hanya pada dagingnya sementara itu durinya dibuang begitu saja sehingga menjadi limbah di masyarakat seperti di Kabupaten Pati. Limbah tulang ikan bandeng yang dihasilkan oleh industri ikan bandeng setiap harinya mencapai 15 kg atau sekitar 5,4 ton per tahun. Oleh karena itu perlu pengolahan lebih lanjut agar limbah tulang ikan bandeng tidak menjadi sampah yang mencemari lingkungan dan dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Hal itu menggerakkan mahasiswa Fakultas MIPA UNY Jurusan Pendidikan Fisika Pipit Wijayanti, Wiji Aziiz Hari Mukti, Siti  Makhmudah, Sudarmani dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Kholida Agustin untuk memanfaatkan limbah duri bandeng sebagai bahan kerajinan yang memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi.
Menurut Sudarmani, perolehan bahan baku duri ikan bandeng mudah didapat karena di Kabupaten Pati terdapat banyak pengolahan ikan bandeng. ''Tetapi tulang ikan bandeng belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga kami mencoba membuat inovasi baru dengan memanfaatkan limbah tulang ikan bandeng sebagai bahan kerajinan seni,'' katanya.
Pipit Wijayanti menambahkan, bahwa untuk mendapat limbah tulang bandeng di Yogyakarta mereka bekerja sama dengan pedagang pecel lele dan rumah makan padang yang berada di sekitar UNY. ''Tulang ikan bandeng tersebut kami buat tempat tisu, tempat pensil, hiasan meja, pigura dan juga blocknote,'' katanya.
Cara membuatnya cukup mudah, seperti diungkapkan Siti Mahmudah. Bahan yang dibutuhkan yaitu tulang ikan bandeng 1 kg, lem kayu 0,5 kaleng, plitur seperempat botol, cat 1 botol, serbuk kayu untuk hiasan dan kertas karton 1 buah. ''Misalkan akan membuat bingkai maka yang harus disiapkan adalah bahan baku dan alat, kemudian potong karton sesuai ukuran yang diinginkan kemudian menempelkan karton yang lebih kecil di setiap sisi karton tadi untuk membuat bingkai,'' ungkapnya.
Oleskan lem di bagian tengah bingkai kemudian taburkan serbuk kayu hingga merata. Langkah terakhir tempelkan tulang ikan bandeng sesuai pola yang yang diinginkan, begitu juga bagian di setiap tepi pigura. Kreativitas itu berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2011 bidang kewirausahaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Lorem

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Perikanan
Hanya mahasiswi yang ingin selalu maju
Lihat profil lengkapku

Followers

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP