Categories

Labels

Budidaya Perikanan Air Tawar

>> Selasa, 25 Oktober 2011


Kegiatan budidaya air tawar merupakan salah satu kegiatan perikanan budidaya yang telah lama berkembang dan merupakan yang pertama kali ada. Pada awalnya kegiatan budidaya air tawar merupakan kegiatan sampingan yang dikerjakan disela-sela waktu melakukan kegiatan mata pencahariannya. Sebagian besar kegiatan budidaya pada waktu itu hanyalah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kegiatan budidaya yang dilakukan pun masih sederhana dengan pemberian pakan seadanya dan tanpa pengelolaan yang berarti.
Pada saat awal kemunculannya perikanan budidaya air tawar sebagian besar terletak di halaman pekarangan rumah pembudidaya. Pada saat itu, belum berkembang berbagai macam teknologi budidaya air tawar. Bahkan saat itu para pembudidaya hanya mengenal kegiatan budidaya air tawar yang dilakukan dengan wadah kolam tanah.
·  1 Comment
·  Filed under: Perikanan Budidaya
Posted by Andhi Fish Jogja
Sentra perikanan budidaya air tawar sebagian besar terdapat di pulau Jawa. Riset dan penelitian tentang komoditas ikan air tawar terletak di pulau ini. Banyak lahir komoditas air tawar unggulan dan telah terbukti membantu para pembudidaya dalam membudidayakan ikan menggunakan benih terbaik. Sebut saja beberapa komoditas yang sudah dikenal seperti ikan mas, nila, lele dan komoditas lainnya. Tidak hanya itu penelitian tentang teknologi pembudidayaan air tawar juga banyak dilakukan di sini. Oleh karenanya komoditas seperti ikan mas, nila, patin, lele dan gurame terletak di pulau ini. Salah provinsi yang sebagian besar pembudidayanya mengusahakan budidaya air tawar adalah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
·  Filed under: Perikanan Budidaya
Posted by Andhi Fish Jogja
Guna menunjang visi Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadikan Indonesia sebagai penghasil ikan terbesar Tahun 2015 yang tentuya dikaitkan dengan program prioritas Kabinet Indonesia Bersatu II berupa kegiatan ketahanan pangan serta sesuai dengan misinya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan yang merupakan penjabaran dari Triple Track Pembangunan Nasional tentunya perlu dilihat potensi sumber daya yang kita miliki. Diantara potensi yang terbesar yang dimiliki dalam rangka peningkatan produksi tersebut adalah lahan sawah yang selama ini sudah tertata dan memiliki manajemen usaha yang sudah relatif bagus tapi belum dimanfaatkan.
·  Filed under: Mina Padi
Posted by Andhi Fish Jogja
Budidaya ikan mas di kolam air deras (running water system) merupakan teknologi yang diadopsi dari Jepang dan pernah popular di Indonesia sejak tahun 1980. Teknologi ini dianggap cocok dikembangkan di Indonesia karena banyak terdapat sumber air baik sungai maupun irigasi, dengan topografi yang memungkinkan air kolam dapat dikeringkan dengan cara gravitasi dan debit air minimal 100 liter/menit. Komoditas yang dibudidayakan adalah ikan mas dan nila. Sentra produksi ikan mas banyak dikembangkan di Provinsi Jawa Barat (Ciamis, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Garut, Bandung, Cianjur, Purwakarta, Majalaya, Sumedang) dan Sumatera Barat, karena ikan mas merupakan ikan budaya penduduk pada kedua provinsi tersebut.
·  Filed under: Teknologi
Posted by Andhi Fish Jogja
Danau berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air, perikanan dan pariwisata, sumber air irigasi untuk pertanian sehingga menyebabkan berbagai komponen masyarakat menggantungkan kehidupannya dari danau. Danau dimanfaatkan sebagai tempat pembudidayaan ikan karamba jaring terapung (KJA). Kegiatan budidaya ikan sistem KJA mengalami perkembangan pesat hingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi bagi masyarakat setempat. Tetapi kegiatan ini mulai berkurang karena sering terjadi kematian massal ikan yang menyebabkan kerugian usaha. Hal ini menyebabkan kerugian secara ekonomi bagi masyarakat ataupun Pemerintah Daerah setempat baik dari kegiatan usaha budidaya ikan dan pariwisata.
·  Filed under: Waduk / Danau
Posted by Andhi Fish Jogja
Dalam mewujudkan Visi Kementerian Kelautan dan Perikanan: “Indonesia Penghasil Produk Kelautan dan Perikanan Terbesar Tahun 2015″ dengan Misi Mensejahterakan Masyarakat Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan menetapkan perikanan budidaya sebagai ujung tombak penghasil produk perikanan. Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, peningkatan produksi budidaya perikanan sebesar 353% telah dicanangkan sebagai program andalan. Peningkatan produksi budidaya perikanan tersebut terus diupayakan sampai memenuhi target dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan total produksi hasil perikanan Indonesia mencapai 353% pada tahun 2014 dengan menargetkan sasaran produksi ikan sampai dengan tahun 2014 sebesar 16,89 juta ton dengan 11 komoditas unggulan utama yaitu udang, bandeng, patin, lele, nila, rumput laut, kerapu, kakap, gurame, mas dan lainnya. Adapun yang melatar belakangi perikanan budidaya sebagai ujung tombak penghasil perikanan terbesar tahun 2015 yaitu
·  Filed under: Perikanan Budidaya
Posted by Andhi Fish Jogja
Dalam mewujudkan Visi Kementerian Kelautan dan Perikanan: “Indonesia Penghasil Produk Kelautan dan Perikanan Terbesar Tahun 2015″ dengan Misi Mensejahterakan Masyarakat Kelautan dan Perikanan. Kementerian Kelautan dan Perikanan menetapkan perikanan budidaya sebagai ujung tombak penghasil produk perikanan untuk mewujudkan target tersebut maka arah kebijakannya yaitu percepatan peningkatan produksi perikanan budidaya untuk konsumsi ikan masyarakat (Proksimas), ekspor (Propekan) dan Perlindungan dan Rehabilitasi Sumberdaya Perikanan Budidaya (Prolinda). Peningkatan produksi budidaya perikanan tersebut terus diupayakan sampai memenuhi target dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan total produksi hasil perikanan Indonesia mencapai 353% pada tahun 2014. Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan sasaran produksi ikan sampai dengan tahun 2014 sebesar 16,89 juta ton.
·  1 Comment
·  Filed under: Perikanan Budidaya
Posted by Andhi Fish Jogja
Kerapu yang dikenal dengan nama asingnya grouper ini merupakan ikan yang dapat dibudidayakan di dua tempat yaitu budidaya laut dan budidaya tambak. Namun perkembangan budidaya sangat baik jika dilakukan di perairan laut. Jika melihat produksinya, budidaya kerapu berkembang dengan baik. Produksi ikan kerapu selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yaitu tahun 2008 sebesar 5.005 ton, tahun 2009 sebesar 8.791 ton dan tahun 2010 sebesar 10.301 ton.
·  Filed under: Kerapu
Posted by Andhi Fish Jogja
Dalam rangka mendukung visi Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu menjadikan Indonesia sebagai penghasil ikan terbesar tahun 2015, budidaya ikan sistem KJA memiliki prospek yang cerah untuk peningkatan produksi ikan. Peningkatan produksi ikan sebesar 353% secara langsung akan berdampak pada meningkatnya usaha budidaya ikan intensif dengan tingkat kepadatan ikan yang tinggi dan pemberian pakan buatan. Pada [...]
·  Filed under: Karamba
Posted by Andhi Fish Jogja
Danau/waduk pada umunya dimanfaatkan sebagai pencegah banjir, pembangkit tenaga listrik, pensuplai air bagi kebutuhan irigasi pertanian, kegiatan perikanan dan untuk kegiatan pariwisata. Danau/waduk merupakan perairan tertutup yang keberadaanya telah memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Dengan adanya berbagai aktivitas tersebut akan memberikan dampak tersendiri bagi kualitas perairan waduk, terutama fitoplankton sebagai produsen primer perairan yang [...]

0 komentar:

Poskan Komentar

Lorem

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Perikanan
Hanya mahasiswi yang ingin selalu maju
Lihat profil lengkapku

Followers

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP