Categories

Labels

Perikanan Darat

>> Selasa, 25 Oktober 2011

Perikanan Darat


Cara Membuat Website dengan Wordpress (WWP) | Plus Cara Detail Mendatangkan Pengunjung
Budidaya perikanan tidak hanya identik dengan kondisi lingkungan yang banyak air melimpah seperti disekitar pantai, danau, sungai, mata air dan tempat-tempat yang memiliki suplai air melimpah, dengan kemajuan tehnologi budidaya ikan bisa dilakukan dimana saja asal cukup kesediaan air untuk mendukung kebutuhan perikanan, bahkan didaerah yang sulit didapatkan air pemeliharaan ikan bisa dilakukan.
Perikanan darat adalah solusi bagi para petani ikan yang berada didaerah yang jauh dari sumber air atau kebutuhan air yang kurang memadai, dengan memilih jenis ikan dan cara budidaya yang benar akan menghasilkan produksi.
Tempat pemeliharaan seperti kolam akuarium, bak, dan bahan-bahan bekas bisa dijadikan media pemeliharaan yang baik jika didukung dengan kondisi air yang selalu terjaga kebersihan dan kebutuhan agar ikan-ikan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
Jenis ikan lele dan belut adalah jenis ikan yang bisa dibudidayakan ditempat-tempat seperti itu walaupun bukan sebagai kebutuhan pokok minimal hasil panen ikan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga Anda akan tetapi jika penanganannya serius budidaya ikan seperti ini akan memberikan penghasilan melimpah karena untuk saat ini kebutuhan dua jenis ikan ini masih membutuhkan suplai yang terus menerus dan selalu kekurangan, alasannya untuk jenis belut saat ini masih jarang masyarakat membudidayakan belut untuk tujuan komersial yang bisa diterapkan disembarang tempat walaupun ada sentra-sentra budidaya belut misalnya dijawa barat. Masyarakat diwilayah Yogyakarta dan sekitarnya kebutuhan belut ini masih disuplai dari para pencari belut yang mencari disawah-sawah pada malam hari. Bahkan teman saya sendiri mengatakan bahwa belut dari Muntilan disuplai dari jawa timur. Melihat kebutuhan belut ini budidaya ikan belut secara intensif perlu digalakkan untuk memenuhi suplai pasar yang semakin hari semakin bertambah sedangkan perburuan belut sawah tidak akan pernah berhenti sehingga mulai berkurang pupolasinya yang pada akhirnya akan berkurang juga pendapatan perburuan belut disawah. Untuk saat ini pengolahan belut masih dalam bentuk digoreng menjadi kripik belut dan belum ada inovasi pengolahan belut menjadi bentuk makanan yang lain seperti abon belut dan dendeng belut, hal ini menunjukkan kebutuhan belut yang kurang, biasanya jika suplai dan stok sebuah bahan melimpat akan ada penemuan baru dalam pengolahan bahan baku untuk memanfaatkan bahan baku yang melimpah.
Potensi perikanan darat untuk budidaya lele adalah sebuah potensi yang sampai saat ini terus dilakukan dan dikembangkan, berbeda dengan belut kebutuhan lele ini tidak pernah habis walaupun areal budidaya ikan lele semakin luas dan sudah menjadi  bisnis dibidang perikanan yang banyak digeluti masyarakat, namun sampai saat ini kebutuhan ikan lele ini masih terus bertambah, suplai ikan lele ini banyak diserap pasar untuk kebutuhan warung-warung makan yang hampir tiap bulan bertambah disepanjang jalan-jalan utama dikota-kota besar dengan sajian menu khas pecel lele. Kendati demikian setiap hari lele-lele konsumsi ini masuk pasar dan jarang ada yang kembali kekolam karena tidak laku.
Budidaya lele didaerah yang sulit air dengan memanfaatkan kolam dan bahan-bahan bekas bahkah saat ini untuk membuat kolam lele ini kebanyakan masyarakat petani lele menggunakan terpal dan plastik tebal, walaupun memiliki sedikit kelemahan karena plastik mudah bocor akan tetapi para petani tidak jera untuk terus membudidayakan lele dengan cara seperti ini karena dengan adanya resiko seperti ini masih bisa memperoleh keuntungan dari hasil panen dan keuntungan lain bisa memaksimalkan lahan pekarangan untuk sesuatu yang bermanfaat, bagaimana tidak, untuk daerah yang gersang dimana tanaman sulit tumbuh bagi orang yang kreatif mereka akan memutar otak untuk mendapatkan penghasilan yang layak dengan kondisi alam disekitarnya yang memang memiliki potensi alam yang minim. Bagi  Anda yang memiliki kondisi lingkungan yang kurang potensial membaca artikel-artikel diblog ini akan menemukan berbagai ide-ide baru untuk memaksimalkan potensi lingkungan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Lorem

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Perikanan
Hanya mahasiswi yang ingin selalu maju
Lihat profil lengkapku

Followers

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP