Categories

Labels

>> Jumat, 02 Desember 2011

Warga Ende Heboh Air Mata Ikan Duyung

ENDE -Warga sekitar Desa Mukusaki, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, dikagetkan dengan tertangkapnya seekor ikan duyung betina (Dugong dugon). Hal ini menjadi perhatian masyarakat karena tergolong langka.

"Sejak peristiwa gempa bumi tahun 1992, baru tiga kali nelayan setempat yang mendapatkan ikan duyung seperti saat ini," kata Sekretaris Camat Wewaria di Mukusaki, Selasa (11/5).

Ikan itu ditangkap empat nelayan, yaitu Heri Khaerudin, Taufik, Jamaluddin, dan Lantani, pada Senin (10/5) sekitar pukul 13.00 Wita di Pantai Watubara, Mukusaki.

Begitu tersiar kabar penangkapan ikan duyung itu, masyarakat kemudian berbondong-bondong ke lokasi. Sampai siang tadi, mereka umumnya mengincar air mata ikan duyung tersebut, yang diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit atau dapat membawa keberuntungan.

Dosen Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana Kupang, Fonny Risamasu, menduga, mamalia laut itu sedang bermigrasi mencari makanan berupa lalang laut atau rumput laut ke daerah laut dangkal.

"Sebaiknya ikan duyung itu dilepas agar bisa berkembang biak lebih baik di habitatnya, apalagi populasi ikan duyung juga terbatas," kata Fonny.


0 komentar:

Poskan Komentar

Lorem

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Perikanan
Hanya mahasiswi yang ingin selalu maju
Lihat profil lengkapku

Followers

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP