Categories

Labels

>> Jumat, 02 Desember 2011

Memilih Ikan Asin Bebas Bahaya






Mendengar kata ikan asin ada sebagian orang merasa kurang suka namun ada juga sebagian orang jutru sangat menikmati. Ikan asin adalah ikan yang sudah diawetkan dengan cara dikeringkan dan juga dengan pemberian garam dengan jumlah tinggi.

Akhir-akhir ini ternyata kenikmatan dari ikan asin sering dimanfaatkan pasar dengan mengawetkannya dengan zat kimia berbahaya seperti tawas dan Hidrogen peroksida. Untuk anda penikmat ikan asin tidak perlu takut dengan hal ini, yang penting ada pintar dan lebih jeli dalam memilih ikan asin. Berikut tips yang dikutip dari albertblurblog.co.cc mengenai hal yang harus diperhatikan dalam memilih ikan asin :

1. Jangan membeli ikan yang kelihatan dalam kondisi putih bersih, kemungkinan itu sudah mempergunakan pemutih ( hidrogen peroksida ) dan tawas. Maka kita usahakan membeli ikan dengan warna yang wajar, walau kadangkala berwarna hitam atau coklat, malah ikan seperti itu yang lebih baik dan bebas dari zat berbahaya tersebut.
2. Ikan asin yang mengandung zat berbahaya tersebut, biasanya tidak di hinggapi lalat, untuk itu jika kita melihat ikan dalam kondisi tidak ada lalat yang hinggap pada saat di pasar tradisional, maka kita harus waspada. Ikan yang dihinggapi lalat dan berbau ikan, berarti itu yang bebas dari zat berbahaya tersebut.
3. Ikan yang mengandung zat hidrogen peroksida dan tawas, biasanya tidak gampang patah dan agak keras, oleh karena itu jika kita membeli ikan coba di patahkan, jika agak susah maka mengandung zat tersebut.

Sekarang itu tugas kita untuk selalu waspada sebelum bertindak, jikakita tidak mau salah satu keluarga kita menjadi korban oknum-oknum yang memanfaatkan keuntungan semata tanpa memperhitungkan sebab akibatnya, jadilah konsumen yang kritis.

0 komentar:

Poskan Komentar

Lorem

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Perikanan
Hanya mahasiswi yang ingin selalu maju
Lihat profil lengkapku

Followers

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP