Categories

Labels

>> Senin, 31 Oktober 2011

Ikan Psikedelik Unik dari Ambon

 

090224-frogfish-face-02Satu lagi nih, ikan unik asal Indonesia, tepatnya di Ambon. Uniknya adalah letak matanya yang ada di depan, mirip manusia. Padahal kebanyakan mata ikan ada di samping kemapa kan?Ikan aneh ini dinamakan ikan kodok karnivora alias Histiophryne psychedelica. Sebenarnya sudah ditemukan sejak setahun lalu di kedalaman 30 kaki lepas pantai Ambon. Dan pertama dilihat adalah sejak 20 tahun silam.

Beracun

Ted Pietsch dari University of Washington menetapkan bahwa ikan ini adalah genus Histiophryne. Melalui studi genetika dan data morfologi ia juga berpendapat bahwa ikan antik ini adalah spesies baru. Studi tersebut merupakan bagian dari National Science Foundation, dan dipublikasikan secara detail di jurnal Copeia.
Tampilan ikan ini sendiri sudah cukup unik, berwarna oranye terang dengan garis-garus putih dan hitam. Warna ini menjadi senjata bertahan dengan menyamarkan dirinya di antara karang dari sasaran predator. Ikan ini juga dijuluki sebagai ikan kodok psikedelik, tergolong beracun, sama dengan sesama genusnya yang rata-rata memiliki tampilan menarik namun berbahaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Lorem

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Perikanan
Hanya mahasiswi yang ingin selalu maju
Lihat profil lengkapku

Followers

  © Blogger template Snowy Winter by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP